Home

Pantangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan

Sangat penting bagi orang-orang dengan sakit tenggorokan mengetahui pantangan makanan untuk penderita radang tenggorokan. Hal ini tidak hanya mencegah radang tenggorokan menjadi lebih parah, tapi juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan.

Ketahui Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Radang Tenggorokan


http://pengobatanpenyakitradangtenggorokan.blogspot.co.id/
Cuaca dingin sangat mempengaruhi kesehatan yang menyebabkan flu. Setelah perubahan Musim, akan muncul gejala gatal dan sakit pada tenggorokan yang disertai batuk.
Pantangan Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan

Biasanya, banyak orang yang mencegah dan mengobatinya dengan air minum teh herbal atau sirup batuk. Akan tetapi, ada cara untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan menghindari makanan tertentu agar tidak semakin parah. Berikut ini, seperti yang dilansir dari Boldsky.

Makanan Asam
Buah jeruk, jus lemon, permen karet yang mengandung asam manis dapat memicu gatal ketika Anda sakit tenggorokan. Jangan pula Anda memakan makanan yang mengandung cuka, makanan jenis tersebut akan memperparah rasa sakit dikerongkongan pada saat menelan.

Makanan Pedas
Banyak yang berasumsi bahwa makanan pedas dapat membantu menyingkirkan rasa gatal dan batuk yang disebabkan sakit tenggorokan. Sebaiknya Anda perlu berhenti sementara untuk mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika dan rempah-rempah lainnya. Makanan pedas hanya memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.

Produk Susu
Jika ada kerabat yang menyarankan Anda untuk meminum segelas susu panas untuk menyembuhkan nyeri pada tenggorokan, jangan Anda minum. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa susu akan memperburuk rasa sakit pada tenggorokan. Susu menyebabkan peningkatan produksi lendir di tubuh, yang memicu rasa gatal pada tenggorokan.

Makanan Kering

Biasanya makanan kering seperti biskuit, kacang-kacangan, gorengan, dan makanan kemasan lainnya lebih sulit ditelan saat nyeri pada tenggorokan. Agar tenggorokan tidak sakit saat Anda menelan makanan, pilihlah makanan yang bertekstur lembut saat dikunyah maupun ditelan, serta makanlah makanan yang banyak mengandung udara.

Kafein
Secangkir kopi panas memang dapat mengurangi rasa nyeri saat sakit tenggorokan, tapi hanya sementara. Setelah beberapa waktu, tenggorokan akan menjadi lebih gatal dan sakit. Jadi, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein. Anda bisa menggantikan kopi berkafein dengan meminum secangkir teh jahe herbal, tenggorokan lebih terasa nyaman dan berkurangnya rasa gatal.

Alkohol

Meminum segelas rum dan brandy dapat menghangatkan tubuh disaat musim hujan atau dingin. Sayangnya, minuman yang mengandung alkohol seperti itu hanya memperburuk rasa sakit tenggorokan pada tenggorokan. Oleh karena itu, demi kesehatan Anda dan jauh dari sakit tenggorokan, hindari minuman yang mengandung alkohol.

Itulah pantangan makanan untuk penderita radang tenggorokan yang mungkin akan bermanfaat untuk Anda sebagai cara pengobatan alami dan mencegah radang tenggorokan menjadi semakin parah. Konsumsi makanan untuk meredakan radang tenggorokan agar radang tenggorokan Anda lebih mudah untuk disembuhkan.