Home

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan,- Manfaat jengkol tidak diketahui secara luas oleh masyarakat umum, padahal sayuran ini cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Jengkol menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena teksturnya lembut dengan bau yang khas.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan


http://pengobatanpenyakitradangtenggorokan.blogspot.com/2016/06/manfaat-jengkol-untuk-kesehatan.html
Seperti kita ketahui, Jengkol adalah salah satu dari banyak jenis sayuran yang bayak sekali bisa ditemukan di pasar atau pusat perbelanjaan lainnya. Jengkol ini adalah makanan yang tidak hanya memiliki penggemar fanatik tapi ada pula beberapa orang yang kurang menyukainya. Salah satu alasan yang sering dijumpai saat bertemu dengan orang-orang yang kurang suka dengan jengkol adalah masalah baunya yang menyengat.

Jengkol sendiri memang memiliki aroma yang kurang menyenangkan, ketika kita makan akan menyebabkan bau tak sedap di mulut kita. Bau mulut yang tidak sedap akan membuat kita merasa tidak nyaman ketika berbicara dengan orang lain, terutama kita berbicara dalam jarak dekat. Tapi meskipun demikian, jengkol memiliki banyak nutrisi dan zat-zat yang baik untuk kesehatan kita. Berikut ini adalah manfaat jengkol untuk kesehatan :

Meningkatkan Pencernaan

Sayuran yang awalnya sangat keras tetapi sangat lembut setelah direbus ini mampu meningkatkan pencernaan. Dengan gastrointestinal halus itu akan dapat membuat asupan makanan yang Anda makan dapat didistribusikan dengan lancar ke seluruh tubuh berhubungan dengan zat dan nutrisi. Selain itu, jengkol juga dapat menjaga Anda dari berbagai jenis gangguan pencernaan lainnya.

Melancarkan Buang Air Kecil

Jengkol dikenal karena manfaatnya untuk memperlancar buang air kecil. Dengan buang air kecil lancar, itu akan sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda sendiri. Buang air kecil lancar juga dapat membuat Anda terbebas dari sakit perut yang diakibatkan karena buang air kecil pada tubuh Anda.

Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat lebih yang ada di jengkol adalah untuk mengobati diabetes. Seperti kita ketahui, diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup parah. Untuk penderita diabetes akan lebih baik jika mereka mulai untuk menghindari berbagai jenis makanan yang tidak sehat penyakit, agar diabetes dapat disembuhkan dengan cepat. Selain itu Anda juga dapat makan jengkol secara teratur untuk dapat menghindari diabetes bertambah parah.

Mencegah Anemia

Jengkol juga kaya akan zat besi yang memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah berkurang. Akibatnya, pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh juga akan berkurang. Efek dari kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi ke sel-sel akan mengurangi fungsi / kinerja sel. Tidak heran jika seseorang memiliki kekurangan zat besi, ia akan terlihat lemah, mudah lelah, dan putus asa. Bagi Anda wanita, mengonsumsi jengkol saat sedang menstruasi sangat disarankan agar tubuh Anda tidak kekurangan zat besi karena jumlah darah haid keluar dari tubuh.


Mencegah Tulang Keropos

Selain zat besi dan protein, kandungan zat lainnya di jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang dalam tubuh Anda menjadi lebih kuat.

Membasmi Radikal Bebas

Jengkol mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indra penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan diketahui zat kuat yang menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Pasien dengan penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir ke jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral dalam jengkol dapat melebarkan pembuluh darah menyempit dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali.

Merampingkan Perut Buncit

Jengkol juga dapat membantu merampingkan perut buncit. Kandungan serat yang tinggi dapat memperlancar buang air besar, sehingga secara tidak langsung membuat perut ramping. Salah satu penyebab perut buncit seseorang adalah karena buang air besar tidak lancar dan tidak teratur.

Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Wanita hamil sering mengalami sembelit. Kandungan serat dalam jengkol dapat mengatasi masalah sembelit. Dengan kata lain, serat jengkol membantu pencernaan dan buang air besar. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol. Hanya cukup makan jengkol menurut jumlah yang disarankan. Jengkol juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dalam kandungan. Pertumbuhan tulang dan gigi dapat berjalan optimal berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam jengkol.

Mengandung Tanin

Satu lagi manfaat dan khasiat jengkol untuk kesehatan adalah mengandung tanin. Tanin itu sendiri adalah salah satu substansi, yang baik untuk wasir dan gangguan pencernaan berupa diare. Diare adalah jenis penyakit yang mengganggu yang dapat menyebabkan dehidrasi dan efek kelelahan pada tubuh kita. Dengan kondisi seperti ini tentu kegiatan yang Anda lakukan setiap hari akan terganggu.

Itulah beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Kini, setelah mengetahui manfaat luar biasa dari jengkol, Anda tidak perlu ragu lagi untuk makan jengkol setiap hari. Jangan takut akan bau yang ditimbulkan, pikirkan saja manfaat yang didapatkan.